Breaking News

Humbahas Bagi Koperasi Duit

Dinas Perigdagkop Humbahas Berikan Dana Bergulir Rp150 Juta Kepada 15 Koperasi

Jan 21, 2007 at 08:33 AM
Doloksanggul (SIB)

Kepala Dinas Perindagkop Humbahas Ir Lasman Simamora didampingi Kabid Koperasi dan UKM Drs Ramses G Purba, Rabu (17/1)di Doloksanggul memberikan dana bergulir atau perkuatan modal kerja koperasi dan UKM (usaha kecil menengah) Rp150 juta kepada 15 koperasi di Humbahas.

Drs Ramses G Purba mengatakan, pemberian dana bergulir itu bertujuan memperkuat modal kerja dalam bidang perkoperasian. Diharapkan, penerima modal benar-benar memanfaatkan bantuan itu dan tepat sasaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dana bergulir itu bersumber dari APBD 2006. Selain itu Dinas Perindagkop juga memberikan bantuan berupa biaya persertifikatan tanah bagi pengusaha yang dianggap layak, untuk tujuan sertifikat tanah dapat diagunakan ke bank apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Perkoperasian di Humbahas dapat dikatakan sudah berhasil. Seperti contoh bahwa di Kecamatan Sijamapolang yaitu KUD “Sitapongan Jaya” sudah membuka lahan perkebunan karet yang modalnya dari koperasi. Kemudian koperasi simpan pinjam di Kecamatan Lintongnihuta juga berjalan baik.

Koperasi yang menerima bantuan bergulir yaitu Koptan Mandiri di Kecamatan Parlilitan, Kopwan Tani Maju Parlilitan, KSU Ampe Tua Sijamapolang, KSU Siandosniroha Doloksanggul, Koptan Saroha Baktiraja, Kopwan Mawar Doloksanggul, Koptan Padu Karya Parlilitan, KSU Rap Maju Lintongnihuta, KSU Berdomisili Doloksanggul, KSU Dosrohanta Doloksanggul, KSU Gurgur Nauli Lintongnihuta, Koptan Marparbue Lintongnihuta, KSU Dosroha Doloksanggul, KUD Sitapongan Jaya Sijamapolang dan Koptan Rapmanarihon di Kecamatan Baktiraja. Masing-masing koperasi mendapat suntikan dana Rp10 juta.