Breaking News

Ini Beberapa Manfaat Hidup Sederhana

HUMBAHASTIMES -- Menikmati kehidupan sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik sesuai dengan ajaran agama. Alangkah baiknya jika hidup dinikmati dengan cara yang sederhana dan sesuai dengan kebutuhan. Cara hidup sederhana kini harus ditanamkan kembali ke dalam masyarakat mengingat akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menjalani hidup berlebihan tidak sesuai dengan pendapatannya masing-masing.

Hidup sederhana harus ditanamkan sejak dini karena ada banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan individu, sosial dan masyarakat. cara hidup sederhana juga akan memberikan ketenangan hidup dan kesejahteraan hidup. Ini juga dapat menghindarkan gaya hidup yang terlalu glamour serta menekan angka kriminalitas akibat pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran.

Manfaat hidup sederhana

Apa saja manfaat dari hidup sederhana, mengapa kita semua harus mengamalkannya? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Menerima hidup apa adanya

Orang yang hidup sederhana adalah mereka yang hidup apa adanya dan tidak mengada-ada apa yang tidak dimiliki. Manfaat orang yang hidup sederhana adalah hidup tenang karena dapat menerima apapun takdir dari tuhan. Namun mereka ini tidak hanya pasrah pada keadaan tapi juga senantiasa berusaha memperbaiki keadaan supaya menjadi lebih baik.

Mereka yang hidup sederhana juga senantiasa mengevaluasi dirinya apakah sudah baik atau belum dan menelaah kembali mengenai kegagalan sehingga dapat diperbaiki dan tidak terjadi lagi di masa yang akan mendatang. Ini membuat orang yang hidup sederhana selain menerima hidup apa adanya juga senantiasa melakukan inovas tiada henti.

2. Senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki

Hidup sederhana tidak hanya baik untuk keuangan saja namun juga untuk kebutuhan mental. Mereka yang hidup sederhana hidupnya akan lebih tenang karena tidak memilki keinginan untuk memiliki sesuatu yang diluar batas kemampuannya sehingga dalam pikiran pun tidak ada yang membebani. Karenanyalah, mereka selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan tidak menuntut berlebihan.

Dengan selalu bersyukur, orang akan lebih mendalami apa itu makna hidup ini sehingga mereka pun lebih suka berbagi kepada sesame dibandingkan hidup bermewah-mewahan. Mereka selalu bersyukur juga akan lebih fokus pada apa yang dikerjakannya sehingga hasil pekerjaan akan lebih baik.

3. Tidak berlebihan pada sesuatu

Manfaat lainnya dari hidup sederhana adalah tidak memiliki gaya hidup yang berlebihan. Orang yang hidup sederhana selalu tahu mana antara kebutuhan dan keinginan. Namun demikian ini bukan berarti bahwa orang yang hidup sederhana itu pelit alias tidak melihat kualitas. Mereka yang hidup sederhana justru sebaliknya, mereka akan cenderung membeli barang satu berkualitas dari pada harus membeli dengan kuantitas banyak namun berkualitas rendah.

Namun mereka juga memiliki rencana keuangan yang matang, jadi uang tidak hanya dibelanjakan barang bermerk saja namun jika sudah ada uang lebih dan tujuannya untuk dibelikan barang tersebut tentu saja tidak apa-apa karena mereka tetap mengedepankan kebutuhan sehari-sehari dibandingkan dengan membeli barang yang tidak terlalu penting dan dibutuhkan. Oleh karena itu jika anda ingin hidup secara sederhana sebaiknya miliki juga perencanaan uang yang baik ya.

4. Mengerti kebutuhan hidupnya

Mereka yang senantiasa hidup sederhana akan mampu memilah mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Mereka akan cenderung membeli barang yang sangat dibutuhkan seperti makanan pokok dan kebutuhan hidup sehari-hari dari pada membeli pakaian atau tas yang tidak terlalu banyak dibutuhkan. Selain itu manfaat dari hidup sederhana lainnya adalah menjadi tidak mudah diiming-imingi oleh iklan dan sejenisnya yang terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya.

5. Hidup lebih tenang karena tidak diperbudak oleh keinginan

Manfaat lainnya dari hidup sederhan adalah tidak diperbudak oleh keinginan. Mereka yang hidup glamor dan berfoya-foya pastinya sering merasa tidak tenang dalam hidupnya apalagi jika barang yang diinginkannya belum dimiliki. Karena pikiran yang lebih tenang karena tidak ada masalah pada otaknya maka orang yang hidup sederhana biasanya juga memiliki perangai yang sangat baik di kehidupan masyarakat.

Selain itu mereka juga biasanya mampu memberikan solusi kepada mereka yang sedang dilanda kebingungan terutama dalam masalah keuangan. Apalagi saat ini sangat banyak produk yang beredar sehingga terkadang keinginan lebih susah dikendalikan.


6. Mampu belanja sesuai budget

Belanja sesuai dana atau anggaran merupakan hal yang cukup sulit lho, inilah salah satu manfaat dari cara hidup yang sederhana. Karena mereka mampu memilih antara kebutuhan dan keinginan maka belanja juga dapat disesuaikan dengan dana yang ada. Cara untuk dapat belanja sesuai budget biasanya dilakukan dengan membuat catatan apa saja kebutuhan yang harus dibeli. Pergi ke pasar atau swalayan tanpa ada catatan hanya akan membuat seseorang berputar-putar saja tanpa mengetahui sebenarnya apa yang dibutuhkan. Bahayanya lagi terkadang orang juga khilaf untuk berbelanja barang yang tidak dibutuhkan melainkan hanya karena bentuknya bagus atau lainnya. ini biasanya dilakukan oleh wanita.

Ini mungkin salah satu tipikal pembeli yang tidak disukai oleh penjual terutama di swalayan atau supermarket karena biasanya mereka tidak terkecoh untuk membeli barang lainnya bahkan yang terdapat diskon atau potongan harga.

7. Memiliki kesadaran tinggi pada pengaturan keuangan

Manfaat lainnya yang akan didapatkan dari memiliki gaya hidup sederhana salah satunya adalah memiliki kesadaran tinggi pada pengaturan keuangan. Eits ini juga hal penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari ya. banyak orang yang memiliki masalah karena mereka tidak pandai dalam mengatur keuangan mereka. Oleh karena itu bagi mereka yang sangat sadar akan pentingnya pengaturan keuangan akan lebih terhindar dari berbagai masalah dan penderitaan.

8. Menjadi tidak mudah berhutang

Hutang kerap kali menjadi momok dalam kehidupan, ada begitu banyak masalah yang disebabkan oleh hutang. Ada anak membunuh ibunya karena hutang, berselisih paham hingga tujuh turunan karena hutang, ada orang hampir mati karena kelaparan akibat hutang, ada yang tidak punya tempat tinggal karena rumah disita bank akibat hutang dan masih banyak lagi kasus lainnya.

Menyadari bahwa masalah yang ditimbulkan oleh hutang sangatlah besar, maka perlu diperhatikan untuk tidak melakukan hutang. Nah, bagaimana cara supaya tidak berhtang? Ya dengan menjalani hidup sederhana dan apa adanya. (sumber)