Breaking News

Mampu Didarati Airbus A380, Presiden @Jokowi Promosikan Bandar Udara Kertajati Majalengka

HUMBAHASTIMES -- Presiden Joko Widodo membanggakan pembangunan Bandar Udara Kertajati Majalengka karena direncanakan akan mampu didarati Airbus A380.

Dalamakun resmi Presiden, Jokowi menjelaskan pembangunan bandara ini dan beberapa keistimewaanya.

Berikut postingannya:

Apabila nanti ada maskapai penerbangan yang hendak menerbangkan penumpangnya dengan pesawat Airbus A380 ke Indonesia, di mana mendaratnya? Ya di Bandar Udara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bandara ini, nantinya akan memiliki landas pacu 3.000 x 60 meter yang bisa didarati pesawat penumpang terbesar di dunia yang bisa membawa 850 penumpang itu. Tahun 2017 ini, landas pacu bandara telah selesai 2.500 meter, tapi saya minta untuk diperpanjang lagi. Saya sudah berkunjung ke sana dua kali.

Bandara Kertajati berada 200 kilometer dari Bandara Soekarno-Hatta. Karena itulah, jika telah beroperasi tahun 2018, penduduk di timur Jakarta tidak perlu menerobos kemacetan ibukota bila ingin ke bandara. Tidak perlu berdesakan di Bandara Soekarno Hatta saat musim liburan.

Selain itu, Bandara Kertajati dapat menjadi embarkasi haji Jawa Barat, dan bisa mengurangi kepadatan jamaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta. Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mencatat, ada 875.958 warga negara Indonesia yang melakukan umrah tahun ini, naik sampai 24 persen dari tahun lalu.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam dan luar negeri itulah, luas terminal Kertajati didesain 96.000 meter persegi sehingga sanggup menampung sampai 10 juta orang setiap tahun. Pada tahap awal, Bandara Kertajati akan melayani 14 rute: 10 rute domestik dan 4 rute internasional ke negara-negara Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Thailand.