Breaking News

Setelah Properti, Menhub Tawarkan Proyek LRT ke Investor Saudi

HUMBAHASTIMES -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan investor Arab Saudi untuk berinvestasi dalam proyek LRT, terutama untuk jalur Bumi Serpong Damai hingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sebelumnya pemerintah DKI Jakarta dan Menhub (baca) juga menawarkan proyek properti ke investor Saudi.

Dilaporkan merdeka.com (baca), Menhub mengatakan potensi investasi LRT bisa mencapai Rp 20 triliun. Selain itu, proyek infrastruktur ini sangat tinggi nilai ekonominya, mengingat potensi penumpang yang tidak akan pernah sepi dari dan menuju bandara.

"Penumpang banyak yang menuju bandara jadi nilai daya beli relatif tinggi. Kita butuh mengurangi kemacetan yang ada di Soetta, jadi saya ingin banyaknya investasi di Soetta," ujar Budi di Jakarta seperti dikutip Antara, Senin (15/1).

Dengan dibangunnya LRT tersebut, banyak manfaat yang didapat, seperti terurainya kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta juga investor bisa menuai hasil yang besar karena potensi ekonominya sangat tinggi.

"Kalau dibiarkan dengan kendaraan yang tradisional seperti sekarang, suatu waktu kita bisa tiga jam ke sana jadi secara investasi, mereka dapat return, dan permasalahan Jabodetabek juga terpecahkan," imbuhnya.

Budi menekankan untuk LRT BSD-Bandara Soetta diupayakan tidak seluruhnya dibiayai oleh APBN, tetapi ditawarkan terlebih dahulu ke swasta. "Nanti kita akan subsidi selisih tarif saja," katanya.